User friendly and mobile friendly

Sejak kemunculan smartphone di era komunikasi yang terus berkembang ini, sebagian besar orang lebih sering mengakses internet melalui perangkat mobile. Alasannya sederhana, mereka bisa berinternet ria kapan saja dan di mana saja.

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna telepon genggam semakin bertambah. Tak heran bila fakta terkini menyebutkan bahwa sebesar 70% trafik internet berasal dari smartphone dan perangkat mobile lainnya. Persentase ini seolah menjadi faktor kuat bagi Anda untuk mulai memikirkan cara membuat web menjadi responsive di tool lain selain desktop.  

Selain sebagai media penyedia informasi, perangkat mobile juga menjadi perantara bagi 51% konsumen yang mencari tahu lebih banyak soal brand baru beserta produk yang dimiliki atau yang akan diluncurkan. Angka persentase ini menunjukkan bahwa optimasi website mobile friendly memiliki peranan yang penting bagi pengembangan dan perluasan bisnis Anda.

Ditambah lagi, sebanyak 89% orang akan merekomendasikan suatu brand jika mereka puas dengan pengalaman browsing via smartphone yang diberikan oleh website brand tersebut.

Faktor lain yang juga tak kalah pentingnya adalah sistem peringkat website Google yang telah diperbarui untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih baik bagi pengguna telepon pintar. 

Dengan kata lain, jika website tidak dioptimasi dengan baik, maka keberadaannya akan dihilangkan dari hasil pencarian Google untuk perangkat mobile atau peringkat website berada di urutan bawah mesin pencari (SERP).

Pentingnya Memiliki Website yang Responsif

Untuk menghadirkan website yang mobile friendly, Anda harus tahu cara membuat web menjadi responsive terlebih dulu.

“Website yang responsif” merupakan website yang mampu merespons secara optimal ketika user mengakses suatu halaman web melalui perangkat mobile. Dengan kata lain, apa pun jenis perangkat yang dipakai untuk mengakses website, tampilan dan fungsinya tetap normal dan bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut beberapa keuntungan memiliki website responsif:

1. Kualitas SEO yang Lebih Baik

Apa pun perangkat yang dipakai untuk mengakses halaman web, desain website yang responsif tetap menggunakan URL dan HTML yang sama. Pengaturan ini memungkinkan Google untuk bisa menjelajahi, mengindeks, dan mengelola konten situs dengan lebih mudah dan efisien. Alhasil, kualitas SEO di website Anda akan menjadi lebih baik.

2. Tidak Perlu Membuat Desain Baru

Website yang sudah responsif tidak memerlukan desain yang baru agar bisa diakses di perangkat mobile. Dengan kata lain, tampilan website akan tetap sama meskipun diakses dari sejumlah perangkat yang berbeda. Anda pun bisa menghemat waktu dan tenaga.

3, Hemat Biaya dan Mudah Dikelola

Website yang responsif lebih mudah dikelola dan dikembangkan. Jika ada elemen yang diubah dari suatu website, maka perubahan tersebut akan ditampilkan di semua jenis perangkat. Tidak ada perbedaan tampilan konten meski website diakses melalui PC, laptop, atau smartphone. 

Terlebih lagi, biaya operasionalnya lebih hemat karena Anda tidak perlu mengembangkan website untuk PC dan website untuk perangkat mobile secara terpisah.

7 Tips Membuat Website Mobile Friendly

Sebelum memulai pembahasan ini lebih lanjut, ada satu hal yang harus Anda ketahui. Untuk cara membuat website versi mobile, Anda perlu menguasai pengetahuan dan kemampuan teknis terlebih dulu.

Memang sangat menyenangkan bisa mempelajari dan mencoba berbagai hal baru. Hanya saja, mengoptimasi website untuk perangkat mobile bukanlah hal yang mudah bagi para user pemula. Oleh karena itu, bila Anda masih baru di bidang optimasi website, kami sangat menyarankan agar Anda menyewa jasa web developer

Tentang Penulis

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *